Saturday, July 14, 2012

Menjelujur


Menjelujur adalah salah satu teknik menjahit dengan tangan. Ada beberapa teknik menjahit dengan tangan yang akan dibahas pada postingan-postingan yang lain.
Hasil jahitan jelujur, menggunakan benang warna merah. 

Menjahit jelujur adalah menjahit dengan jarak yang cukup besar. Gunanya untuk menyatukan bahan yang sudah digunting sesuai pola. Biasanya digunakan untuk fitting (pengepasan) sementara.

Yang digunakan adalah jarum jahit dan benang. Menjelujur bisa dilakukan oleh pemula. Bahkan bagi pemula ada baiknya belajar menjelujur terlebih dahulu.

Cara menjelujur :
  1. Siapkan benang dan jarum. Gunakan jarum yang sedang-sedang saja dan disesuaikan dengan jenis bahan yang ada.Jangan gunakan jarum yang terlalu kecil. Nanti benangnya tidak muat. Jangan menggunakan jarum yang terlalu besar, nanti bahannya rusak.
  2. Lebih bagus kalau belajarnya dengan menggunakan bahan kotak-kotak, bergaris atau kalau bahan polos, digarisi terlebih dahulu. 
  3. Masukkan benang ke dalam jarum, lalu ujungnya disimpulkan. (Supaya tertahan dan gak lolos).
  4. Mulai menjahit, ya. Jarak antara satu titik ke titik lain, boleh besar-besar tapi jangan terlalu besar ya. Kalau baru belajar menjahit, pasti jelujurannya mencong mencong, gak lurus. gak apa-apa, namanya juga belajar. 


Selamat berlatih.

1 comment: